Recipe: Tasty Nasi uduk betawi semur daging

Nasi uduk betawi semur daging. Berbeda dengan nasi putih biasa, tekstur nasi uduk tidak lengket dan rasanya pun tidak benyek. Aromanya pun punya ciri khas tersendiri dan sangat harum. Ini karena nasi uduk dimasak setengah matang (diaron) dulu dengan santan dan berbagai bumbu lain seperti daun jeruk, lengkuas, serai, dan.

Nasi uduk betawi semur daging Un tuk lauknya : semur daging + kentang. Artis : Zoerampal Judul Lagu : Nasi Uduk Semur Jengkol Pencipta : Papa Uzi Arranger : Ajuy NASI UDUK SEMUR JENGKOL Sudah sekian lama pergi Tapi tak pernah. Tentu Anda tak asing dengan yang namanya nasi uduk. You can cook Nasi uduk betawi semur daging using 24 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Nasi uduk betawi semur daging

  1. It's 1 1/2 kg of beras (me merk cap koki).
  2. You need 1 1/2 butir of kelapa parut total air dan perasan kelapa 1500ml (peras pisah yang kental dan encer).
  3. Prepare of 5 batang serai (geprek bagian putih).
  4. Prepare 8 lembar of Daun salam.
  5. You need 3 jempol of lengkuas.
  6. Prepare 2 jempol of jahe.
  7. You need 2 sdm of garam.
  8. You need of Bihun goreng.
  9. It's 1 bungkus of bihun cap jagung.
  10. It's Irisan of kol.
  11. You need 1000 ml of air untuk merebus.
  12. You need 4 siung of bawang putih (haluskan).
  13. It's 6 siung of bawang merah (haluskan).
  14. You need 1/2 sdt of merica (haluskan/pakai yg bubuk).
  15. You need Secukupnya of kaldu jamur.
  16. You need Secukupnya of garam.
  17. It's Secukupnya of kecap manis (sesuaikan ingin warna cokelat atau gelap).
  18. You need of Minyak untuk menumis.
  19. You need of Pelengkap.
  20. Prepare of Bawang goreng.
  21. Prepare of Orek tempe kering (me skip).
  22. It's of Sambel kacang (resep menyusul).
  23. It's of Bakwan sayur crispy.
  24. It's of Emping goreng.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas jenis nasi uduk yang paling terkenal ini - nasi uduk betawi. Nasi uduk khas Betawi bisa kita buat dengan cara yang sangat sederhana sekali. Nasi uduk Betawi berbeda-beda dalam penyajiannya, hal ini dikarenakan banyak sekali tempat di Betawi yang memiliki nasi uduk yang khas. Hanya saja umumnya nasi uduk Betawi menggunakan tambahan sambal kacang atau bumbu kacang.

Nasi uduk betawi semur daging step by step

  1. Cara nasi uduk: Cuci bersih beras, lalu tiriskan. Siapkan panci menanak nasi didihkan, setelah mendidih masukkan beras kukus kurang lebih 24menit hingga kaku..
  2. Didihkan perasan santan&air 1500ml, masukkan serai,daun salam lengkuas, jahe, dan garam. Api sedang aduk terus hingga mendidih, koreksi rasa (hingga asin, karena beras/nasi itu kan manis ya jd sesuaikan tingkat kegurihan nasi uduknya)..
  3. Setelah mendidih dan wangi, ambil santan 350ml sisihkan. Masukkan beras yg sudah dikukus, aduk merata bersamaan dengan santan. Hingga menyusut, jika dirasa kurang air tambahkan sisa santan yg tadi disisihkan. Lalu kukus kembali, dengan kukusan dan air dipanci sesuaikan ya. Kukus hingga matang kurang lebih 30menit. Nasi uduk wangi siap dihidangkan😋.
  4. Bihun goreng: Rebus air dan beri 2sdm minyak, masukkan bihun rebus hingga lunak angkat dan tiriskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Tambahkan irisan ko dan beri air putih, lalu tambahkan garam kaldu dan kecap aduk hingga kol layu. Air menyusut dan koreksi rasa lalu hidangkan dengan nasi uduk😋 Penampakan foto dengan orek (tempe, ini pembuatan sebelumnya😬).
  5. Cara penyajian: Tata nasi pada piring yang sdh diberi alas daun, beri bihun goreng, semur daging, bakwan sayur, sambel kacang dan emping. (Biasanya aku pakai orek tempe, kali ini mau yg cpt aja masaknya jadi skip orek tempenya😃). Selamat mencoba😋❣️.

Sedangkan untuk lauk pauk pelengkapnya dapat pula. Salah satunya nasi uduk yang punya rasa gurih dan tidak lengket. Dipadukan dengan lauk apa pun juga makin nikmat. Nah, kali ini IDN Times akan bagikan kamu beberapa resep nasi uduk dan cara membuatnya yang enak dan gampang. Tentunya bikin kamu ingin membuatnya sendiri di rumah.

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Recipe: Perfect Nasi uduk rice cooker

Recipe: Yummy Nasi Tomato Ayam Masak Merah